Senin, 25 Oktober 2010

Tugas 2 Review Software Akuntansi (MYOB)

Tugas 2 Review Software Akuntansi (MYOB)

MYOB (Mind Your Own Business) adalah program yang sangat mudah digunakan, dan sudah banyak digunakan oleh perusahaan diseluruh dunia, sangat cocok digunakan untuk perusahaan kecil - menegah dengan fitur yang sangat lengkap.


Beberapa produk release terakhir yang dijual untuk wilayah Asia yang dapat digunakan untuk pengguna di Indonesia antara adalah:

* Business Basic
* Accounting versi 17
* Premier versi 11
* Retail Manager versi 7

Point 1,2 dan 3 merupakan software MYOB untuk pengelolaan administrasi backend, sedangkan point 4 digunakan untuk pengelolaan front end retail seperti toko, supermarket dan sejenisnya.

Secara singkat, Modul yang dimiliki MYOB adalah sebagai berikut :

* Account, digunakan untuk pengelolaan account-account perusahaan baik account rugi/laba maupun account neraca, pencatatan journal umum transaksi, dan pengelolaan budget perusahaan. .


* Banking, digunakan untuk mencatat pengeluaran dan penerimaan uang perusahaan yang tidak terkait dengan kegiatan pembelian dan penjualan.


* Sales, digunakan untuk memaintain transaksi yang berkaitan dengan penjualan yang dilakukan perusahaan.


* Time Billing, digunakan untuk mengelola kegiatan penjualan yang berkaitan dengan waktu.


* Pembelian, digunakan untuk memaintain transaksi yang berkaitan dengan pembelian yang dilakukan perusahaan.


* Modul persediaan digunakan untuk mengelola informasi mengenai item persediaan seperti jenis barang, informasi pembeliannya, informasi penjualannya, informasi asal barang, informasi lainnya yang berkaitan dengan persediaan, serta untuk mengelola perpindahan persediaan dari lokasi yang satu ke lokasi yang lainnya.


* Card File, digunakan untuk mengelola informasi yang berkaitan dengan pihak-pihak yang berhubungan dengan perusahaan seperti Supplier, Vendor, Karyawan maupun personal


Keuntunggan menggunakan MYOB :

1. Kemudahan penggunaannya, artinya pengguna dapat mempergunakannya walaupun yang bersangkutan tidak memiliki latar belakang pembukuan sama sekali.
2. Accounting Power, sehingga pengelolaan informasi dengan menggunakan software ini cukup dapat diandalkan.
3. Feature Job dan Category yang dapat digunakan untuk pengelolaan proyek serta
4. Departmentalisasi.
5. Proses instalasi dan maintenance yang murah.
6. Tenaga kerja yang paham MYOB cukup banyak.
7. Dapat digunakan untuk memantau 3 tahun periode pembukuan
8. Nilai investasi yang relatif murah.
9. Jangka waktu implementasi yang relatif cepat.


MYOB ACCOUNTING V13


Penjelasan dari gambar diatas sebagai berikut :

* Open berfungsi untuk membuka file yang sudah dibuat sebelumnya.
* Create digunakan untuk merancang file yang baru.
* Explore digunakan untuk membuat file dengan menggunakan contoh perusahaan yang disediakan oleh program.
* What’s New untuk melihat atau mencari informasi yang baru seputar program Myob
* Exit berguna untuk keluar dari Program Myob.


Myob Accounting adalah aplikasi akuntansi yang populer saat ini. MYOB Accounting memfokuskan pada perusahaan jasa dan dagang disamping jenis perusahaan yang lain pun bisa juga diterapkan. Paling cocok aplikasi ini diterapkan pada perusahaan menengah kebawah, untuk perusahaan besar rasanya tidak memadai, karena biasanya perusahaan besar jumlah transaksinya sangat komplek sehingga biasanya mempunyai program yang dirancang sendiri sesuai dengan kebutuhan perusahaan tersebut.

Ada beberapa alasan kenapa kita harus menggunakan software ini dalam perusahaan, antara lain :

* Mempunyai tampilan yang user friendly, karena transaksinya berfiat sederhana dan berupa gambar-gambar sehingga untuk pemula pun akan sangat mudah untuk memahaminya.
* Mempunyai kemampuan export data ke program excel, sehingga laporan nya bisa juga di cetak di program excel.
* Dapat diterapkan untuk 105 jenis perusahaan yang disediakan.
* Mempunyai laporan keuangan yang sangat banyak termasuk setting pajak serta menampilkan analisa dalam bentuk grafik
* MYOB ini berjalan dibawah sisitem operasi windows dan sebaiknya windows yang lebih tinggi seperti Vista, XP dan lain-lain.

3.Tampilan awal Myob Accounting v13

Pada gambar diatas diperlihatkan beberapa gambar yang merupakan perintah secara cepat, atau bisa juga menggunakan perintah lain yaitu yang terdapat pada bagian atas dari program Myob tersebut. Kita akan jelaskan beberapa perintah gambar diatas, yaitu :

1. Account
Digunakan untuk membuat daftar perkiraan dan melakukan jurnal umum.

2. Banking
Untuk mencatat perkiraan yang berhubungan dengan transaksi bank, selain membeli maupun menjual barang dagang.

3. Sales
Untuk mencatat penjualan barang, termasuk penerimaan piutang dan segala yang berhubungan dengan penjualan tersebut.

4. Time Billing
Untuk mencatat dan mengatur waktu yang diset secara otomatis untuk pembayaran baik untuk klien maupun aktivitas-aktivitas yang berhubungan dengan dengan waktu.

5. Purchase
Untuk mencatat pembelian barang, termasuk membayar hutang dan lain sebagainya yang berhubungan dengan pembelian barang tersebut.

6. Payroll
Untuk mencatat tentang gaji, upah, pajak dan lain sebagainya yang berhubungan dengan pegawai atau karyawan.

7. Inventory
Untuk mencatat persediaan barang dagang khusunya perusahaan dagang

8. Card File
Untuk mencatat dan mengatur secara permanen data-data pelanggan, pemasok, pegawai dan hubungannya dengan pihak lain.


Beberapa fitur yang ada di MYOB accounting v13

Perkiraan dan Journal

* Perkiraan

Secara garis besar jenis perkiraan dikelompokkan menjadi 5 yaitu :

1. HARTA
2. HUTANG
3. MODAL
4. PENDAPATAN
5. BIAYA

Kemudian susun perkiraan tersebut, misalnya isi dari Harta adalah Kas, Kas Bank, Piutang dan lain-lain. Isi dari Hutang misalnya Hutang usaha, Hutang Bank dan lain-lain. Begitu juga untuk jenis kelompok yang lainnya.

Untuk mengisi perkiraan, pilih di bagian Accounts, kemudian klikAccounts List. Maka akan diperlihatkan gambar seperti dibawah ini.

Kalau diperhatikan tampilan perkiraan diatas, maka perkiraan di bagi menjadi 8 kelompok besar dengan nomor perkiraan menggunakan 5 digit angka termasuk angka yang paling depan merupakan kelompoknya. Tapi secara garis besar yang 5 kelompok tersebut masih ada, cuma ditambah 3 kelompok lagi yaitu Cost of Sales, Other Income dan Expense Income.

* Jurnal
Jurnal adalah melakukan pencatatan awal setelah adanya transaksi.


1. General Journal merupakan nomor urut transaksi dan akan muncul secara oromatis.

2. Date, silahkan anda sisi tanggal Transaksi jurnal anda.

3. Memo, adalah keterangan dari dari jurnal transaksi, hal ini boleh apa saja yang penting nyambung dengan transaksi nya.


Semoga ini bermanfaat mohon maaf bila ada banyak kekurangan dan kesalahan.

Sabtu, 02 Oktober 2010

SISTEM INFORMASI AKUNTANSI

PENGERTIAN SIA

Suatu komponen organisasi yang mengumpulkan, mengklasifikasikan, mengolah, menganalisa dan mengkomunikasikan informasi finansial dan pengambilan keputusan yang relevan bagi pihak luar perusahaan dan pihak ekstern.


PENGOLAHAN DATA DAN SIA
Proses memanipulasi dan transformasi simbol-simbol seperti angka dan abjad untuk tujuan meningkatkan kegunaannya.
  • Dalam bisnis, sering disebut pengolahan transaksi
  • Sistem Informasi Akuntansi (SIA) merupakan sistem yang:
  • Mengumpulkan data yang menjelaskan kegiatan perusahaan
  • Mengubah data tersebut menjadi informasi
  • Menyediakan informasi tersebut bagi pengguna intern dan ekstern selain pesaing
PENGOLAHAN DATA DAN SIA
  • Pengumpulan data
  • Manipulasi data
-Pengklasifikasian: Pengkodean
-Penyortiran
-Penghitungan
-Pengikhtisaran
  • Penyimpanan data
  • Penyiapan dokumen
-Oleh suatu tindakan
-Oleh jadwal waktu

KARATERISTIK SIA:

  • Melaksanakan tugas yang diperlukan
(secara perundangan)
  • Berpegang pada prosedur yang relatif
standar
  • Menangani data yang rinci
  • Terutama berfokus historis
  • Menyediakan informasi pemecahan masalah yang minimal

Perbedaan SIA dan SIM :

· SIA mengumpulkan mengklasifikasikan, memproses, menganalisa dan mengkomunikasikan informasi keuangan sedang

· SIM mengumpulkan mengklasifikasikan, memproses, menganalisa dan mengkomunikasikan semua tipe informasi

Informasi Akuntansi yang dihasilkan oleh SIA dibedakan menjadi 2, yaitu :

- informasi akuntansi keuangan, Informasi yang berbentuk laporan keuangan yang ditujukan kepada pihak extern.

- Informasi Akuntansi Manajemen, informasi yang berguna bagi manajemen dalam pengambilan keputusan.

Didalam Akuntansi Manajemen terdapat dua komponen yang digunakan bagi perencanaan dan pengendalian perusahaan, yaitu :

1. Sistem Akuntansi Biaya

2. Sistem Budgeting

Unsur-unsur yang dapat mempengaruhi penerapan SIA dalam perusahaan :

1. Analisa Perilaku

2. Metode kuantitatif

3. Komputer